Penelitian
ilmiah mengenai anak-anak mulanya di pusatkan pada bidang spesifikasi perilaku
anak. Contohnya : Bicara,emosi,atau minat bermain, dan kegiatan. Nama yang di
berikan untuk cabang penelitian psikologi yang baru ini ialah “ psikologi anak”
istilah lainnya adalah menunjukkan bahwa perhatian di pusatkan pada fenomena psikologis dari usia prasekolah dan
usia sekolah seorang anak.
Perkembangan
anak dari psikologi anak terbagi menjadi 4 hal yaitu :
Pertama, psikologi anak lebih
menitikberatkan isi atau hasil perkembangan sedangkan perkembangan anak
mengenai proses itu sendiri.
Kedua, perkembangan anak lebih
menekannkan peran lingkungan dan pengalaman ketimbang psikologi anak.
Ketiga, psikologi anka mempelajari
bidang perilaku anak yang berbeda, sedangkan perkembangan anak mempunyai enam
tujuan : menentukan apa saja karakteristik perubahan usia dalam penampilan,
perilaku, minat, dan tujuan dari satu periode perkembangan ke periode lainnya
untuk menemukan kapan perubahan itu terjadi, untuk menemukan dalam kondisi apa
saja yang terjainya perubahan ini, untuk menemukan bagaimana perubahan ini
mempengaruhi perilaku anak, untuk tahu apakah perubahan ini dapat di ramalkan
atau tidak, dan akhirnya menemukan apakah perubahan ini sifatnya individu atau
sama bagi semua anak.
Keempat, psikolog perkembangan
anak telah memperluas bidang studinya ke dua arah dari bayi yang baru lahir
hingga usia puber.
0 comments :
Post a Comment