Cyberpreneurship berasal dari kata Cyberpreneur yakni berasal dari kata cyber dan entrepreneur. Kata “Cyber” diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu “Cybernetis” yang konon berasal
dari kata latin “Kubernetis” yang berarti integrasi atau komunikasi antara
manusia dengan mesin dalam melaksanakan suatu proses kontrol. Kemudian dalam
bahasa Inggris muncul istilah “to cybernate” yang berarti melakukan kontrol
terhadap suatu proses dengan memakai komputer (Suarga, 2001).
Adapun istilah
entrepreneur yaitu istilah yang disamakan dengan kewirausahaan yang mulai
dipopulerkan di Indonesia sejak tahun 1990. Kewirausahaan berasal dari
istilah entrepeneurship yang sebenarnya berasal dari kata entrepreneur
(Soeparman Soemahamidjaja 1977:2) yang artinya suatu kemampuan (ability) dalam
berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya,
tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan
hidup. Dalam pengertian ini Marzuki Usman(1997:3) mengatakan entrepreneur
adalah seorang yang memiliki kombinasi unsur (elemen-elemen) internal
yang meliputi kombinasi inovasi, visi, komunikasi, optimisme, dorongan semangat
dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang usaha.
Defenisi
Cyberpreneur dikemukakan oleh salah satu dosen saya yaitu Bapak Wahyu Pramusinto yang mengemukakan bahwa :
“Cyberpreneur atau infopreneur adalah orang yang bisnis utamanya adalah berbagi dan menjual informasi elektronik - membuat blog atau website - memasarkan produk sendiri atau orang lain. Umumnya adalah seorang enterpreneur yang menghasilkan uang dengan cara menjual informasi melalui internet. Profesi ini sudah ada sebelum internet berkembang pesat. Biasanya mereka menjual informasi melalui audio cd, cd rom, video, talkshow, conference. Dengan adanya internet, mereka bisa menjual informasi melalui internet. Pangsa pasar yang lenih luas karena internet bisa diakses dari seluruh dunia”.
“Cyberpreneur atau infopreneur adalah orang yang bisnis utamanya adalah berbagi dan menjual informasi elektronik - membuat blog atau website - memasarkan produk sendiri atau orang lain. Umumnya adalah seorang enterpreneur yang menghasilkan uang dengan cara menjual informasi melalui internet. Profesi ini sudah ada sebelum internet berkembang pesat. Biasanya mereka menjual informasi melalui audio cd, cd rom, video, talkshow, conference. Dengan adanya internet, mereka bisa menjual informasi melalui internet. Pangsa pasar yang lenih luas karena internet bisa diakses dari seluruh dunia”.
Lalu, apa saja yang dibutuhkan ?
Sudah
pasti, karena Cyberpreneurship bergerak di dunia maya, yang sangat dibutuhkan oleh seorang
cyberpreneurship yaitu Website dan Blog, yang mempunyai kriteria sbb :
- Menyajikan Informasi yang berguna
- Mempunyai trafik yang tinggi
- Untuk memasarkan produk
- Search Engine Friendly
Menurut saya, banyak sekali peluang usaha ini,
sebagai contoh, kita bisa membuat bisnis toko online baru / membuat toko online
dari usaha yang sudah ada, sehingga para calon pembeli tidak perlu repot-repot
datang ke toko tersebut. Selain itu, kita juga bisa mendapat penghasilan dari
iklan-iklan yang terpasang pada web/blog kita tersebut.
Berikiut merupakan conton sebuah content :
Search engine (Free Traffic) : Memasang sebuah iklan/adwords yang tepat adalah di google adwords untuk mendaptkan pengunjung yang banyak (paid Traffic) Serta Banner yang menarik.
Berikut merupakan contoh traffic :
Sepertinya cukup sekian penjelasan tentang defisini Cyberpreneurship dari saya. Semoga bermanfaat. :)
http://yuliauswtn.blogspot.com/2013/10/cara-mudah-belajar-cyberpreneurship.html
ReplyDeletepottermuch.blogspot.com/2013/10/cara-mudah-belajar-cyberpreneurship_6396.html?m=1
ReplyDeletehttp://letsworks.blogspot.com/2013/10/google-adsense-sebagai-langkah.html
ReplyDelete